Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

Cara Menanam Bawang Merah Polybag

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang sangat dibutuhkan oleh para ibu, koki, dan chef.  Hampir semua masakan diolah dengan menggunakan bawang merah sebagai bahan pelengkapnya. Kebutuhan bawang merah sendiri semakin hari semakin meningkat, Hal ini tentunya berpengaruh dalam harganya.

Cara menanam bawang merah

Bawang merah tidak hanya digunakan sebagai bumbu saja, bahkan dapat digunakan sebagai obat. Banyak nenek moyang yang menggunakan bawang merah sebagai bahan obat tradisional.  Dengan banyaknya manfaat dan khasiat bawang merah pastinya mendorong anda untuk budidaya atau menanamnya sendiri bukan.? Apalagi harga bawang merah yang tidak stabil serta anda pasti membutuhkan untuk setiap harinya.

Budidaya bawang merah tanpa tanah luas.

Membudidayakan bawang kerah tentunya tidak harus memiliki tanah kosong yang luas, Anda dapat menanamnya sendiri di halaman rumah dengan menggunakan Pot atau Polybag. Caranya pun mudah dan pakitis. Mari kita simak cara menanam bawang merah di polybag berikut ini.

Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

  1. Mempersiapkan Media Tanam Yang Digunakan Untuk Menananm Bawang Merah.
    Media tanam merupakan bahan paling pokok yang akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman bawang merah, Media tanam terdiri dari tanah, arang, pupuk kompos dan pupuk kandang.
  2. Campurkan Media Tanam Dalam Satu Wadah
    Campurkan Media tanam tersebut dalam wadah, bisa menggunakan ember atau wadah lain, Kemudian tambahkan air dan diamkan tanah selama kurang lebih 2 hari.
  3. Memasukan media tanam ke dalam polybag
    Setelah tanah sudah didiamkan selama 2 hari makan selanjutnya adalah memasukan tanah kedalam polybag. Setelah itu anda dapat menata polybag tersebut dihalaman anda.
  4. Penanaman
    Setelah anda mengisi polybag dengan menggunakan tanah yang sudah tercampur dengan bahan yang lainnya maka anda bisa memulai untuk menanam umbi pada polybag yang ada. Anda bisa menanam 3 umbi bawang merah pada polybag.
  5. Pemupukan tanaman
    Setelah semua tertata dan umbi bawang merah sudah di tanamn, selanjutnya adalah melakukan pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan menambahkan pupuk NPK pada setiap polibag dengan takaran 1 gram / polybag. Pemupukan ini sebaiknya dilakukan setiap minggunya hingga pada usia 6 minggu. Pemupukan bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk cair atau juga pupuk butir. Pupuk cair bisa digunakan dengan menyemprot tanaman setiap 15 hari setelah penanaman dan 30 hari setelah penanaman. Jika anda ingin menggunakan pupuk berbentuk pasir maka anda bisa membenamkan pupuk pada tanah atau media untuk menanam cabai. Takaran pemberian pupuk harus pas agar tanaman tidak rusak atau mati karena terlalu banyak pupuk. Cara menanam bawang merah dalam polybag ini juga sangat perlu untuk anda ketahui karena sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.
  6. Pemeliharaan Tanaman Bawang Merah
    Tanaman akan tumbuh dengan baik apabila tanaman terpapar oleh sinar matahari sepanjang hari, Cahaya yang cukup akan membantu membuat tanaman mendapatkan pasokan cahaya untuk membantu tumbuh dengan optimal. Namun bukan berarti hanya terkena matahari, Jadi penyiramanpun perlu dilakukan dan penting.  Penyiraman tanaman bawang merah sama dengan penyiraman tanaman cabai yakni 2 kali sehari pagi dan sore.
  7. Pemanenan Bawang Merah
    Tanaman bawang merah siap panen adalah setelah berusia kurang lebih 100 hari. Ciri-ciri tanaman yang sudah bisa dipanen adalah batang daun yang sudah berubah warna menjadi kuning.  Setelah panen pastikan bawang merah dijemur dibawah sinar matahari untuk mematikan jamur dan mengurangi kadar air.

Demikian pembahasan mengenai budidaya penanaman bawang merah didalam polybag.  Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membudidayakan tanaman bawang merah. Jangan lupa untuk share informasi ini keteman kalian di Sosial media, Agar informasi in bermanfaat untuk semua orang.  Terima kasih.